20 CMS Untuk Membuat Website Forum - Ilmu Komputer

Tentang komputer, tips, trik, artikel, tutorial!

Rabu, 14 Januari 2015

20 CMS Untuk Membuat Website Forum

CMS Untuk Membuat Website Forum , CMS sudah pada tahu artinya,Kalau saya tidak salah CMS singkatan dari  Content Management System. Dengan CMS kita bisa membuat aplikasi dengan cepat khusunya website, jaman sekarang membuat website tidak harus Programmer (Cie)... Programmer ? Ya kamuu... *Dodit

Agar lebih jelas mengenai CMC silahkan lihat wiki berikut ini 
20 CMS Untuk Membuat Website Forum
CMS

Wikipedia CMSSistem manajemen konten (Inggris: content management system, disingkat CMS)[1], adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menambahkan atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs web. Umumnya, sebuah CMS (Content Management System) terdiri dari dua elemen:
aplikasi manajemen isi (Content Management Application, CMA)
aplikasi pengiriman isi (content delivery application, CDA)
Elemen CMA digunakan untuk mengelola konten yang mungkin tidak memiliki pengetahuan mengenai HTML untuk mengelola pembuatan, pengubahan, dan penghapusan isi dari suatu situs web tanpa perlu memiliki keahlian sebagai seorang webmaster. Elemen CDA menggunakan dan menghimpun informasi-informasi yang sebelumnya telah ditambah, dikurangi atau diubah oleh pemilik situs web untuk memperbaharui situs web tersebut. Kemampuan atau fitur dari sebuah sistem CMS berbeda-beda. Walaupun begitu, kebanyakan dari perangkat lunak ini memiliki fitur publikasi berbasis Web, manajemen format, kontrol revisi, pembuatan indeks, pencarian, dan pengarsipan.
CMS merupakan situs web yang menerapkan sistem ini berorientasi terhadap konten. Sudah bukan merupakan kendala yang berarti bagi manajemen atau humas suatu perusahaan/institusi/organisasi untuk memperbaharui situs webnya. Dengan hak akses dan otoritas masing-masing, setiap bagian dari perusahaan/intitusi/organisasi dapat memberikan kontribusinya kedalam website tanpa prosedur yang sulit.
Pada umumnya sebuah CMS memiliki 2 bagian kategori yaitu bagian Front-end dan Back-end.
Kecanggihan dan fitur masing-masing CMS bergantung pada CMS yang digunakan. Penggunaan sistem hirarki pengguna yang diterapkan CMS dalam hak aksesnyapun sangat bervariasi sesuai CMS masing-masing. Mulai dari level akses user anggota yang hanya dapat mengirimkan data tertentu berupa komentar, kemudian editor yang dapat mengirimkan suatu artikel/berita (untuk CMS yang menyediakan fasilitas ini), hingga level administrator yang dapat melakukan semua fitur yang ada.
Keberadaan aplikasi gratisan di Internet dan juga komunitas sumber terbuka yang semakin menjamur ikut memberikan andil yang signifikan untuk menjadikan teknologi CMS menjadi murah dari segi harga akan tetapi dengan fitur-fitur yang semakin lengkap dan canggih. Dari segi biaya implementasi pembuatan CMS sangatlah murah apalagi jika dibandingkan dengan fitur-fitur dan kemudahan yang ditawarkan. Hal inilah yang akhirnya ikut mempopulerkan CMS dan akhirnya akan menggantikan semua website konvensional yang ada.
Wikipedia Forum Forum internet merupakan fasilitas yang tersedia di internet, dan penggunanya dapat berdiskusi. Forum berbasis internet ini sudah dikenal sejak tahun 1995, dan fungsinya mirip bahkan lebih baik dari papan buletin dan milis internet yang sudah ada sejak tahun 1980-an. Perasaan komunitas virtual sering muncul pada fourm-forum yang memiliki anggota tetap. Teknologi, permainan komputer, dan politik merupakan tema paling populer yang menjadi pokok bahasan forum internet, tetapi masih banyak lagi topik-topik lainnya.
Kembali ke topik  CMS Untuk Membuat Website Forum , berikut sudah saya rangkum dari berbagai sumber, silahkan anda mencoba

  1. phpBB
  2. MyBB
  3. Simple Machine Forum (SMF)
  4. Vanilla
  5. FluxBB
  6. Phorum
  7. YetAnotherForum
  8. YaBB
  9. bbPress
  10. PunBB
  11. Dizcuz
  12. ocPortal OCF
  13. bbPress (for WordPress)
  14. JForum
  15. FUDforum
  16. Dove Forums
  17. Vbulletin
  18. Esotalk
  19. Drupal
Sebenarnya masih banyak CMS Untuk Membuat Website Forum, diantara sekian banyak forum yang saya sukai Esotalk, tidak ribet dan mudah digunakan. *menurut saya. Tentunya setiap CMS mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sekian 18 CMS Untuk Membuat Website Forum.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 20 CMS Untuk Membuat Website Forum

6 komentar:

  1. yang bener 20 atau 18 mas,hehe

    banyak juga ya mas CMS buat forum tapi ada yang bagus dari xenforo.com,,

    #sekian :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. disuruh antri di pom terdekat,, :( jauh semua disini :D

      Hapus
  2. Iya nih simas nya...
    Saya pikir saya yang salah baca...

    Lam kenal y mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iya salah judul,, makasih mas mawan dan mas gunawan,,,
      nanti biar ditambah saja jadiin 20 :D

      Hapus
  3. druppal nya kagak dicantumin gan , kalo gak salah itu cms buat forum juga bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mas Khoirum , sudah saya tambahkan =D

      Hapus

Berkomentarlah dengan baik dan sopan..
Terimah kasih sudah berkunjung