Kenali Macam-Macam Obfuscation yang Digunakan Encode Javascript - Ilmu Komputer

Tentang komputer, tips, trik, artikel, tutorial!

Minggu, 01 Maret 2015

Kenali Macam-Macam Obfuscation yang Digunakan Encode Javascript

Obfuscation adalah sebuah mekanisme untuk mengacak source code sebuah aplikasi sehingga lebih sulit dibaca/dipelajari alurnya. Anda seorang blogger atau seorang programmer tentunya sudah sangat paham dengan teknik Obfuscation, yaitu berguna untuk menyembunyikan kode asli sehingga sulit dibaca oleh manusia.

Dalam dunia teknologi insternet tentunya tidak ada yang namanya aman 100%, ada yang membuat ada yang merusak, sama halnya dengan virus vs antivirus.

Ada banyak template blogger blogspot yang menggunakan fitur ini untuk memasang credit link, agar tidak bisa dihapus, jika dihapus dia akan redirect ke halaman pembuat template tersebut. Tentunya anda tahu bagaimana cara menghapus credit link template premium tanpa harus membayar. Tapi apa salahnya jika menggunakan karya orang lain kita harus menghargai karya tersebut, atau anda bisa membuat template sendiri. Cie...

Simak lebih lanjut mengenai judul:

Obfuscation (or beclouding) is the hiding of intended meaning in communication, making communication confusing, willfully ambiguous, or harder to interpret.Wiki


Kode atau sandi dalam komunikasi adalah aturan untuk mengubah suatu informasi (sebagai contoh, suatu surat, kata, atau frasa) menjadi bentuk atau representasi lain, yang tidak harus dalam bentuk yang sama. Dalam komunikasi dan pemrosesan informasi, pengkodean atau penyandian (encoding) adalah proses konversi informasi dari suatu sumber (objek) menjadi data, yang selanjutnya dikirimkan ke penerima atau pengamat, seperti pada sistem pemrosesan data. Pengawakodean atau pengawasandian (decoding) adalah proses kebalikannya, yaitu konversi data yang telah dikirimkan oleh sumber menjadi informasi yang dimengerti oleh penerima. Kodek (codec) adalah penerapan aturan atau algoritma untuk penyandian dan pengawasandian (sebagai contoh MP3) yang dapat berupa penerapan pada sisi perangkat keras maupun perangkat lunak, dan mungkin pula melibatkan kompresi data.
Penyandian adalah proses untuk mengubah sinyal ke dalam bentuk yang dioptimasi untuk keperluan transmisi data atau penyimpanan data.
Penyandian (bahasa Inggris: encoding) dalam komunikasi berarti tindakan pemberian arti simbol-simbol pada pemikiran. Misalnya: memutuskan kata kata mana yang akan dikatakan atau dituliskan. Proses penyandian adalah tindakan pemilihan simbol-simbol untuk pemikiran.Sumber wiki.


Macam-Macam Obfuscation ada banyak, disini penulis akan merangkum beberapa saja, silahkan anda cari digoogle untuk lebih lanjut.

Jenis Encode Javascript

  • Dean Edwards
Dean edwards name yang beralamat http://dean.edwards.name/packer/, cici-ciri kode ini adalah berawal dari kata eval(function(p,a,c,k,e,r) Lihat gambar berikut agar lebih jelas:
Encode Packer
Dean Edwards
Bagaimana? bisa dipahami? Saya sendiri tidak paham dengan kode tersebut, namun jika di buka dengan browser, akan keluar alert Redokusuma. Jika anda menemui kode seperti ini silahkan cari cara untuk encode packer.

Salah satu tool online yang bisa digunakan untuk encode packer adalah Javascript UnPacker.
  • HiveLogic Enkoder
HiveLogic Enkoder biasanya berawalan seperti var x="function f(x,y){ Silahkan lihat gambar dibawah ini untuk lebih jelas.
HiveLogic Enkoder
HiveLogic Enkoder
Ada banyak tool yang bisa digunakan, silahkan anda cari di google, lumayan kan dapat namanya. Coba kalau tidak tahu judulnya, mungkin anda bingung bagaimana cara mencari sesuatu yang tidak tahu judulnya =D.

  • Gaijin JavaScript Encryptor
Gaijin JavaScript Encryptor berawalan seperti ini var a="'1Aqapkrv' Lebih jelas silahkan lihat contoh
Gaijin JavaScript Encryptor
Gaijin JavaScript Encryptor
Pernah nemu gag ?
  • Obfuscatorjavascript
Na ini yang belakangan ini lagi saya otak-atik. obfuscatorjavascript ini berawal seperti ini
  var namavariabel = "oQKpkyJ8dCK0lGbwNnLnwmc1x3bm5Wa8JXZyJXZmVmc8NmczRXZnxXZ0lmc3xHZslGaDRmblBHchxXZwF2YzV2X8ZWZyxXawFWeyVWdxpGflBXYjNXZuVHfr9Gfl1WYOdWYUlnQzRnbl1WZsVEdldGfyIDfCNDfwRHdoxHduVWblxWRlRXYlJ3Y8hjM8FWbzVXdhNXYzF2avRWZzF2chNncyIDfMJVV8RHcpJ3YzN0M8RnclxWYFNDfkFWZoxnchZHfFNDfzMDfPl0T8Rnbl1Wdj9GZ8lUSw8Ff2cDfyYDf2MDflR2bDJXYoNUbvJnZ8VzM8RnbJV2cyFGc8RHcpJ3YzxHduVmbvBXbvNUSSVVZk92YuVGfDNDfjJ3c8dmbpJHdTxHc4V0Z"Dst...
Yang pasti ciri khasnya di ujung script adalah function namavariabel (data){var _0O0lOI="ABCDEFGHIJKLMNOPQRSTUVWXYZabcdefghijklmnopqrstuvwxyz0123456789+/=";var o1,o2,o3,h1,h2,h3,h4,bits,i=0,enc='';do{h1=_0O0lOI.indexOf(data.charAt(i++));h2=_0O0lOI.indexOf(data.charAt(i++));h3=_0O0lOI.indexOf(data.charAt(i++));h4=_0O0lOI.indexOf(data.charAt(i++));bits=h1<<18|h2<<12|h3<<6|h4;o1=bits>>16&0xff;o2=bits>>8&0xff;o3=bits&0xff;if(h3==64){enc+=String.fromCharCode(o1)}else if(h4==64){enc+=String.fromCharCode(o1,o2)}else{enc+=String.fromCharCode(o1,o2,o3)}}while(i<data.length);return enc} function _0O0(string){ var ret = '', i = 0; for ( i = string.length-1; i >= 0; i-- ){ ret += string.charAt(i);} return ret; }eval(_0IO(_0O0(_010)));

Pernah nemu gan? Coba lihat source blog ini, mungkin ada Obfuscatorjavascript.
Obfuscatorjavascript
Obfuscatorjavascript
Kalau anda paham cara encode javascript yang dienkripsi encode akan ada gunanya, salah satunya menambah ilmu, saya tidak bertanggung jawab jika anda menggunakan info ini untuk hal-hal lain. Rangkuman ini hanya sebagai catatan saya, karena saya suka lupa =D.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kenali Macam-Macam Obfuscation yang Digunakan Encode Javascript

3 komentar:

  1. obfuscation memang benar-benar sulit dicerna, bikin pusing malahan, apa jangan-jangan Saya bukan blogger yia, duh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe bossss,,,, kan bos ini sudah lama di blogger , saya yakin paham betul =D

      Hapus
  2. Seperti saya bukan blogger lah, gak pernah brsentuhan sama kode beginian..

    Di blog aku semuanya tinggal klik2 aja mas, trlalu dimanjain spertinya

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan baik dan sopan..
Terimah kasih sudah berkunjung